PROFIL
FASILITAS & PELAYANAN
JADWAL DOKTER
INDIKATOR MUTU
LOKASI
TARIF
HUBUNGI KAMI
     

TUMBUH KEMBANG ANAK @ GRHAKEDOYA HOSPITAL

TUMBUH KEMBANG ANAK

   

 

   
Apa yang dimaksud keterlambatan perkembangan?
Setiap bayi dan anak mengalami laju perkembangan yang tidak selalu sama antar satu dan lainnya. Terdapat rentang usia tertentu pada pencapaian tugas-tugas perkembangan yang normal pada tiap bayi dan anak
   
Apabila setelah rentang usia yang biasanya suatu tugas perkembangan telah tercapai bayi atau anak belum mencapai tugas perkembangan tersebut, maka ia dapat dikatakan mengalami keterlambatan perkembangan.
     
Apa gejala dan tandanya?
Keterlambatan perkembangan dapat meliputi aspek perkembangan motorik, bicara/bahasa, emosi/interaksi sosial dan kognitif. Dokter dan orangtua harus dapat mengenali tanda-tanda keterlambatan perkembangan yang mungkin terjadi pada bayi dan anak. Hal-hal yang mungkin sering ditemui contohnya antara lain, bayi yang belum dapat memasukkan tangannya atau obyek yang dipegangnya ke dalam mulut saat usia 4 bulan, bayi yang belum dapat tengkurap/berguling pada usia 6 bulan, belum ada celoteh saat bayi berusia 7 bulan, atau anak usia 18-24 bulan yang belum atau jarang mengucapkan kata-kata bermakna.
     
Apa faktor risikonya?
Keterlambatan perkembangan pada bayi dan anak dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor risiko yang penting dapat berupa faktor genetik, kondisi nutrisi ibu saat kehamilan, paparan terhadap zat-zat toksik, pemakaian obat-obat tertentu, konsumsi alkohol, kebiasaan merokok semasa hamil,kondisi sakit atau kejadian infeksi oleh virus atau parasit tertentu pada ibu saat kehamilan,bayi dengan berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, penyulit saat proses persalinan, kondisi sakit tertentu saat bayi baru lahir.
 
Apa yang harus dilakukan?
Pemantauan tumbuh kembang bayi dan anak adalah sangat perlu. Orangtua merupakan pemain peran yang paling baik dalam memantau proses tumbuh kembang anak-anaknya. Hanya melalui pemantauan yang baik, deteksi dan penatalaksanaan dini terhadap keterlambatan perkembangan dapat dilakukan.
     
Rumah Sakit Grha Kedoya berusaha menjadi partner yang baik bagi tiap orangtua dalam pemantauan proses tumbuh kembang bayi dan anak. Tim Tumbuh Kembang Rumah Sakit Grha Kedoya memberikan pelayanan konsultasi tumbuh kembang anak sehingga deteksi dini dapat dilakukan, dan memberikan pelayanan tata laksana dini pada bayi usia 4 s/d < 24 bulan dengan keterlambatan perkembangan. “Wait and see” bukanlah suatu tindakan yang bijak bagi setiap orangtua yang khawatir anaknya mengalami keterlambatan perkembangan. Setiap anak layak untuk bertumbuh dan berkembang secara optimal.
     
     
Unit Tumbuh Kembang Anak Rumah Sakit Grha Kedoya
Jl. Panjang Arteri 26,
Kedoya Utara - Jakarta Barat
Telp. +62 21 2991 0999 ext. 2108
     
     


 

 
 
 

 

 

 

OUR VALUE
Empati
Team Work
 
Intergritas
Komunikasi
Akuntabilitas
 
FASILITAS 24 JAM
 
HUBUNGI KAMI

  +6221 2991 0999
  +6221 5698 2222

  +62812 9629 0900

   info@grhakedoya.com


EMERGENCY CARE
  +6221 2991 0911


SOCIAL MEDIA
KAMI

                 

 

Copyright © 2017 Rumah Sakit Grha Kedoya.